Sebagian orang berkeyakinan bahwa rambut tidak berhubungan dengan aliran darah yang mengalir didalam pembuluh darah manusia. Dimana rambut tidak mendapat nutrisi dari dalam tubuh, melainkan dari kosmetik yang digunakan. Pendapat ini 100% salah besar. Rambut mendapatkan asupan nutrisi dari dalam tubuh. bukan dari luar tubuh. karena rambut termasuk anggota tubuh yang kurang penting, jika dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya seperti jantung, hati, dan otak. Sehingga rambut mendapat asupan nutrisi yang tidak banyak atau hanya mendapat sisa asupan nutrisi yang diberikan ke anggota tubuh lainnya yang lebih penting. Oleh karena itu, rambut merupakan anggota tubuh yang pertama kali terlihat sebagai tanda kekurangan nutrisi. Misalnya, rambut bertambah rontok, mudah bercabang, mudah patah, kering dan kusam. Selain itu, karena rambut terdiri dari sel-sel protein yang disebut keratin, maka protein yang merupakan unsur nutrisi menjadi nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Berikut ini beberapa jenis makanan bermanfaat yang kaya protein.

Telur mengandung asam amino

Telur.
Telur mengandung asam amino pada bagian protein terkecil penting dan terbanyak dikenal dengan sebutan methonin, yang berperan penting dalam pertumbuhan dan pembaharuan jaringan sel. Telur juga mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin D, dan Vitamin E. Selain itu, telur juga mengandung berbagai macam mineral, seperti sulfat. Oleh karena itu, jika anda mengkonsumsi telur setiap hari, maka akan memberikan kekuatan bagi kesehatan rambut anda.

Susu mengandung asam amino
pic via https://dairyrules.com

Susu.
Susu merupakan nutrisi pelengkap yang banyak mengandung asam amino berkadar tinggi, berbagai Vitamin dan mineral. Oleh karena itu, jika Anda minum segelas susu setiap hari, Anda akan mendapat nutrisi yang sehat untuk menjaga kesehatan rambut anda.

yogurt mengandung protein tinggi

Yoghurt.
Yoghurt merupakan bentuk lain susu, yang mengandung protein tinggi dengan berbagai macam nutrisi yang menambah bakteri positif yang berfungsi melancarkan kerja fungsi tubuh. Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin B dengan kadar yang cukup baik.

ragi nutrisi terbaik bagi kesehatan rambut

Ragi.
Seperti yang diketahui, ragi merupakan salah satu nutrisi terbaik bagi kesehatan rambut. Sebab, ragi mengandung protein dan vitamin B dengan kadar tinggi. Penemuan terbaru menyebutkan, susunan sel-sel ragi (yeast cells) menyerupai susunan sel-sel tubuh manusia. Oleh karena itu, ragi merupakan makanan yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Makanan yang kaya Zat besi.
Melihat banyaknya remaja putri dan para ibu yang kekurangan zat besi karena faktor menstruasi yang datang secara rutin, maka sudah seharusnya mereka mengganti kekurangan zat besi tersebut agar tidak berdampak negatif terhadap rambut mereka atau menambah tinggi tingkat kerontokannya. Kandungan zat besi banyak terdapat didalam beberapa makanan, seperti hati, telur, tanaman bit, terong dan buah delima.

Potongan Rambut yang Harus Dihindari Agar Rambut Tetap Indah dan Sehat
Sesuaikan potongan rambut anda dengan karakternya. Agar anda hidup tanpa masalah dengan rambut, maka Anda harus memperhatikan satu hal penting, yaitu anda harus mengikuti kecenderungan alami rambut anda saat memilih bentuk dan gayanya. Artinya, jangan Anda memaksakan rambut anda untuk mengarah ke arah yang tidak sesuai dengan karakternya. Sebab, hal itu hanya akan merusaknya. Misalnya, rambut ikal atau rambut keriting ketika dipaksa menjadi lurus, maka memerlukan berbagai macam alat yang dapat mengubah rambut seperti yang diinginkan, seperti alat pemanas litstrik, demikian juga sebaliknya, ketika rambut lurus yang dipaksa berubah menjadi ikal atau keriting juga akan menjadi rusak karena pasti akan mendapat perlakuan kasar saat proses pengikatan atau pengeritingan berlangsung dengan rol pemanas dan pemanas rambut elektrik. Contoh lainnya, ketika rambut tipis dipaksa supaya terlihat tebal dan lebat, maka akan dipasang rol rambut sehingga rambut terlihat berombak. Tindakan tersebut tentunya merusak rambut. Semua sarana yang digunakan untuk mengubah tatanan alami rambut menjadi model yang tidak sesuai dengan karakter aslinya, hanya akan menyakiti rambut saja. Ditambah lagi dengan banyaknya proses penataan rambut yang dilakukan dengan menggunakan penekanan dan pengikatan secara paksa, yang sebenarnya malah akan menyebabkan kerontokan. Misalnya, menyanggul rambut. Penyanggulan dilakukan dengan menarik rambut bagian depan sekaligus mengikatnya, yang tentunya hal tersebut akan mengakibatkan kerontokan pada rambut bagian depan. Contoh lainnya adalah seringnya pembelahan rambut dengan paksa saat menggulung atau mengepang, hanya akan membuatnya tercabut dan rontok. Oleh karena itu, hendaklah Anda memperlakukan rambut anda dengan penuh kelembutan. Dan jangan sekali-kali memaksa diri menata atau mengarahkan rambut kebentuk atau gaya yang tidak sesuai dengan kecenderungan alaminya.

shampoo berguna untuk membersihkan debu

Shampo Berkualitas Untuk Rambut Sehat dan Berkilau
Komposisi shampo. Shampo adalah “sabun” khusus untuk rambut yang berguna untuk membersihkan debu, keringat dan kelenjar sebum berlebih yang menempel pada rambut. Pada umumnya shampo mengandung bahan pencair.

  1. Air. Air merupakan bahan pokok shampo yang berfungsi melarutkan zat-zat pembersih rambut, sekaligus sebagai bahan pencair.
  2. Bahan Pembersih (surfaktan) permukaan rambut. Bahan ini berfungsi sebagai pembersih debu dan kelenjar sebum berlebih yang menempel pada batang rambut. Bahan ini lebih sering digunakan pada shampo berbahan sodium lauryl sulphate. Bahan ini memiliki pengaruh cukup kuat yang juga biasa digunakan untuk tujuan-tujuan produk lainnya. Didunia kosmetik, ada sebuah anggapan bahwa zat ini memicu timbulnya penyakit kanker. Tetapi, anggapan tersebut sampai sekarang belum terbukti kebenarannya.
  3. Bahan penarik dan pemelihara kandungan air dirambut (humektan). Bahan ini terdapat pada produk-produk shampo khusus bagi rambut kering dan obat-obatan yang mengandung zat kimia. Contohnya, gliserin dan surpytol.
  4. Bahan anti statik ion (anti static agents). Bahan ini terdapat pada beberapa jenis produk shampo.
  5. Kodisioner. Bahan ini terdapat pada beberapa jenis produk shampo yang berfungsi melembutkan dan melembabkan rambut, seperti asam amino, panthenol, protein dan etastin.
  6. Bahan pelebat rambut. Bahan ini menjadikan shampo memiliki daya lekat normal dan mudah digunakan. Biasanya berupa bahan selulosa, seperti hydroxyethyl cellulose.
  7. Bahan pengawet (preservaties). Bahan ini berfungsi mencegah pembusukan pada bahan-bahan shampo oleh bakteri. Misalnya, bahan merylparaben.

Jenis Shampo. Secara umum, semua jenis shampo memiliki komposisi yang sama. Tetapi ada beberapa perbedaan bahan antara satu shampo dengan yang lainnya. Dan selanjutnya jenis shampo dibedakan berdasarkan pada jenis rambut. Misalnya, rambut normal, rambut kering, dan rambut berminyak. Oleh karena itu, para produsen shampo membuat berbagai jenis shampo sesuai jenis rambut yang ada. Selain itu, ada juga beberapa jenis shampo khusus, yang dibuat untuk tujuan tertentu. Misalnya, untuk menguatkan lapisan rambut, mewarnai rambut, atau melebatkan rambut. Secara umum, shampo dapat dibagi menjadi 2 kelompok utama.

  1. Shampo biasa atau shampo sehari-hari (daily normal).
    Shampo ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu kadar deterjen yang rendah, sehingga memiliki pengaruh ringan dan bisa digunakan setiap hari. Shampo ini dapat membersihkan rambut dari debu dan kelenjar sebum berlebih. Sebagaimana shampo ini juga mengandung bahan pelembab dengan kadar sedang dan kondisioner yang berfungsi menjaga kelembapan rambut. Oleh karena itu, shampo jenis ini cocok untuk rambut normal, rambut kering dan ranbut dengan perawatan bahan kimia.
  2. Shampo pembersih (deep cleansing sampoos).
    Shampo jenis ini mengandung bahan pembersih (deterjen) dengan kadar tinggi. Shampo ini memiliki pengaruh yang kuat. Dan terkadang bisa sampai menghilangkan semua lapisan minyak alami yang ada pada rambut. Bahkan tidak jarang shampo ini mampu memberi pengaruh terhadap lapisan kutikula rambut. Oleh karena itu, jenis shampo ini tidak boleh digunakan setiap hari. Atau dalam jangka waktu terlalu dekat. Shampo ini hanya diperuntukkan bagi rambut yang sangat berminyak.
bahan pelembut dan pelembab

Apakah Rambut Anda Perlu Kondisioner ?..

Manfaat Kondisioner. Pada dasarnya, kondisioner hampir menyerupai bahan dempul (penambal) yang bisa digunakan untuk menambal bagian-bagian dilapisan kutikula rambut yang terkoyak atau pecah. Setiap batang rambut memiliki lapisan pelindung yang menyerupai bahan pelekat. Hal itu menyebabkan setiap batang rambut mampu berdiri sendiri dan terhindar dari patah saat ditata. Hasilnya, permukaan rambut memantulkan cahaya, sehingga tampak bersinar dan berkilau. Penggunaan kondisioner akan membantu menjaga kelembaban rambut dan mencegah kekeringan. Kondisioner juga mampu mencegah terjadinya listrik statis saat rambut bersentuhan dengan sisir. Berdasarkan teori tersebut, maka sebagian besar jenis rambut yang sangat memerlukan kondisioner ini. Misalnya, rambut kusut, rambut kering, rambut mudah pecah dan patah. Sedang rambut pendek dan berminyak, terkadang tidak memerlukan pemakaian kondisioner.

Komposisi Kondisioner.
Kondisioner sebenarnya berasal dari bahan-bahan pelembut dan pelembab yang memberikan kelembaban pada rambut. Juga bahan-bahan yang memproteksi batang rambut. Misalnya, minyak nabati, minyak mineral, dan penghasil Vitamin B. Kondisioner juga mengandung protein yang tergabung dalam satu konstruksi bangunan alami, yang mampu menyuburkan rambut sekaligus memperkuat bangunannya. Bahan-bahan itu tercakup dalam kolagen, elastin, dan asam amino. Sejumlah kondisioner juga mengandung bahan-bahan yang bisa membuat rambut bersinar dan berkilau. Kondisioner-kondisioner itu berbeda-beda tingkat konsentrasi komposisinya. Sebagian diantaranya ada yang tampak berat karena kandungan pelembut dan pelembabnya yang tinggi. Kondisioner jenis ini cocok untuk jenis rambut kering dan rambut yang tengah dalam perawatan bahan kimia. Tetapi tidak cocok untuk rambut berminyak, karena rambut berminyak lebih membutuhkan kondisioner dengan komposisi ringan. Biasanya, kondisioner digunakan setelah pemakaian shampo. Tetapi sekarang sudah ada beberapa jenis shampo yang memadukan keduanya dengan tujuan untuk mempersingkat waktu. Tidak ada masalah jika anda memang ingin menggunakan jenis shampo ini.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here